Selasa, 16 Agustus 2016

Goa Pindul

     Goa Pindul adalah obyek wisata susur goa bawah tanah dimana dalam goa tersebut terdapat air yang cukup dalam dengan aliran sungai sepanjang lorong, cara menikmati wisata ini adalah dengan menyusurinya dengan peralatan khusus yang sudah disediakan dilokasi obyek wisata, yaitu menggunakan ban dalam mobil yang cukup besar dan jaket pelampung yang biasa disebut cave tubing.

     Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul  Daerah Istimewa Yogyakarta. Obyek wisata ini sudah cukup lama dikenal masyarakat luas mungkin beberapa diantara pembaca juga sudah mengetahui keberadaan Goa ini karena sudah tersebar luas diberbagai media massa maupun media sosial juga iklan-iklan dan website sudah banyak yang menginformasikan tentang obyek wisata alam Panca Wisata Goa Pindul Gunung Kidul ini.

     Selain Obyek wisata andalan Gunung Kidul tempat ini merupakan route gerilya panglima besar Jendral Sudirman pada zaman penjajahan dahulu dimana tugu peringatan atau monumen tentang hal tersebut terdapat diatas bukit diatas bendungan Banyumoto yang merupakan pintu keluar Goa Pindul setelah kita menyusuri dalam goa dari balik bukit yang merupakan pintu masuk Goa Pindul.

     Sebelum terkenal luas seperti sekarang ini sekitar tahun 1996 atau sebelumnya tempat ini sering digunakan untuk kegiatan kemah pramuka dengan segala sumbardaya alamnya tempat ini memang cocok untuk menggembleng mental anak sekolah tempatnya yang angker membuat beberapa peserta sering ada yang kesurupan, masih terdapat banyak pohon besar di area ini yang merupakan area khusus dan terdapat sebuah makam diantara rerimbunan pohon tersebut yang masih ada hingga sekarang.

     Goa Pindul merupakan obyek wisata yang komplit selain susur goa dan mengarungi sungai oya disekitar lokasi obyek wisata disini ada beberapa kegiatan wisata lain yang bisa kita nikmati dalam sekali kunjungan biasa disebut Panca Wisata Goa Pindul yang dikelola oleh masyarakat sekitar. 

     Masih dikawasan goa pindul juga terdapat goa lain yang tidak kalah menarik yaitu goa sriti, goa si oyot dan jenis wisata lain seperti ofroad, wisata situs bersejarah, hutan minyak kayu putih telusuri sungai oya dan lain-lain yang dikemas dalam satu paket panca wisata goa pindul yang hingga saat ini setiap musim liburan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar