Rabu, 13 Juli 2016

Terminal Bis Baru Semin Gunung Kidul

     Kecamatan Semin saat ini memiliki terminal angkutan umum yang baru letaknya sangat strategis dari pada terminal lama yang berada di depan pasar Semin, agak semrawut dan padat karena didepan pasar dan pertokoan juga berbagai aktivitas warga sekitar.



     Terminal baru letaknya didepan kecamatan Semin seberang jalan propinsi Semin Wonosari jalan penghubung Jogja Klaten via Semin ini merupakan jalan alternatif Jogja Surabaya apabila jalur utama Jogja Surabaya via Klaten padat atau mengalami kemacetan bisa melewati Gunung Kidul.

     Dengan kondisi dan letak terminal baru ini lalulintas wilayah Semin khususnya semakin lebih teratur dan tidak terlalu padat campur dengan keramaian pasar yang pernah terbakar hingga 2 kali ini, pasar Semin beberapa waktu yang lalu pernah terbakar hingga 2 kali dan sekarang sudah direnovasi dengan bangunan yang lebih modern walau sifatnya pasar tradisional terbesar di kecamatan Semin.


     Diterminal ini disinggahi bis AKDP atau angkutan umum antar wilayah di Gunung Kidul kecamatan Semin khususnya meliputi Semin Wonosari, Klaten Wonosari Via Semin, Semin Solo, Semin Penggung/Klaten, Semin Ngawen, Semin Manyaran Wonogiri dan bis AKAP Semin Jakarta dan sekitarnya, tetapi bis AKAP rata-rata memiliki pangkalan tersendiri yaitu disekitar loket atau agen tempat tiket bis tersebut diperoleh jadi tidak masuk terminal Semin ini berbeda dengan terminal Wonosari yang mana tIket dan agen bis AKAP terdapat diarea terminal tersebut.

     Bagi para pelancong atau siapa saja yang ingin berkunjung ke kecamatan Semin silahkan singgah di pasar Semin disini tempat yang tepat untuk beristirahat makan di warung nasi khas Gunung Kidul dimana terminal lama kecamatan Semin terdapat di depan pasar ini jaraknya hanya 1 kilo meter dari terminal baru.



     Tempat wisata alam yang dapat anda kunjungi di kecamatan Semin antara lain Bukit Watu Payung Candirejo, Telaga Hijau juga di Candirejo yang mana obyek wisata tersebut juga bisa anda baca pada artikel lain pada blog ini khusus membahas tempat wisata tersebut, selain itu juga berjalan-jalan mengelilingi wilayah kecamatan Semin melihat pemandangan alam yang masih alami yang terbelah oleh sungai oya sungai terpanjang di Gunung Kidul.

     Wilayah kecamatan Semin adalah tempat kelahiran dan tempat tinggal saya silahkan mampir ketempat saya tepatnya di dusun Adiloka desa Kalitekuk dari terminal Semin ambil jalan ke arah Wonosari sampai pertigaan Desa Ngijo masuk gang belok kiri lurus terus melewati Desa telepok lurus terus masuk Desa Tegal Sari masih terus masuk Desa Pilang Roto masih terus jalan menanjak sampai di pertigaan Nderung belok kanan itulah Dusun Adiloka Dusun terpencil di dunia dengan pemandangan alam yang masih alami anda bisa melihat air terjun yang apa adanya disini juga perbukitan dan ladang milik warga sekitar, juga terdapat batu besar diatas bukit yang bisa untuk melihat pemandangan yang berada jauh dibawah sana, namanya Watu Joli dinamakan demikian konon ceritanya batu ini pernah hilang kemudian ditukar dengan batu ini makanya namanya Watu Joli, Joli berasal dari kata di ijoli bahasa Jawa artinya ditukar atau diganti. 





10 komentar:

  1. mas,saya mau tanya,ada angkutan dari jogja langsung ke semin ga ya? soalnya saya dari jakarta turun di stasiun tugu mau ke semin,makasi

    BalasHapus
  2. Kalau dari stasiun tugu harus ke terminal jogja giwangan dulu atau nunggu bus arah wonosari diperempatan lampu merah arah wonosari disitu selalu ada bus ngetem nunggu penumpang diterminal juga ada tapi hanya sampai wonosari dari wonosari ganti bus minibus jurusan semin juga sudah ngetem baik di dalam terminal wonosari maupun di lampu merah selang sebelum terminal wonosari disitu selalu tersedia minibus yang sudah stanby jurusan semin ponjong dan sekitarnya

    BalasHapus
  3. mas kalo saya mau kesolo/kartosuro. lewat semin bisa ga ya? maksud saya ada trayek busnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. posisi awal dari mana kalau mau ke solo dari semin ada bus kecil tp hanya ada beberapa bus nya jam tertentu saja

      Hapus
  4. kalo dari semin ke solo bisa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semin solo ada dari terminal ini ke solo tp bisnya hanya jam tertentu

      Hapus
  5. mas kalau dari pasar semin mau ke malioboro ada bus ngga ya? atau harus bawa kendaraan sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari semin naik angkutan minibus ke wonosari tapi sekarang dah jarang kalau dari semin kalau dari wonosari ke jogja ada bus banyak dari terminal jogja naik banyak pilihan ke malioboro bisa trans jogja atau grab gojek ojek becak juga bisa

      Hapus
  6. Yen angkutan seko Manyaran neng Semin ono ora bos..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semin manyaran angkutan umum ga ono mz ngojek paling

      Hapus