Selasa, 28 Juni 2016

Bukit Watu Payung Semin

Watu Payung merupakan bukit yang mempunyai ketinggian tertentu untuk menikmati pemandangan disekitarnya dari puncaknya, dinamakan watu payung, karena mirip dengan susunan payung, bukit watu payung berada di Dusun Ngentak Desa Candirejo Kecamatan Semin Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa dijangkau menggunakan kendaraan roda dua dan harus diparkir dibawah untuk menuju puncak, harus berjalan kaki karena akses menuju lokasi masih terbilang sulit, keberadaannya telah dikembangkan menjadi kawasan wisata walaupun kondisinya terbengkalai dan kurang terawat tetapi disitu letak keaslian dan kealamiannya menurut saya pribadi karena kalau sudah dibangun dan menjadi terkenal juga ramai tempat itu sudah tidak alami lagi.

Lokasi Watu Payung Semin lokasinya dekat dengan telaga biru yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan, kondisi puncak bukit Watu Payung mirip dengan gunung api purba berwarna keabu-abuan, dari atas bukit kita bisa menikmati pemandangan alam disekitarnya

Akses menuju lokasi dari kota Yogyakarta biasa ke arah Wonosari dari Wonosari ketimur arah Semin sampai perempatan Karangmojo belok kiri itu merupakan jalan tunggal menuju Kecamatan Semin dari kota Semin ke utara kurang lebih 5KM menuju Desa Candirejo dari Candirejo menuju lokasi. Apabila dari arah utara atau kota Solo Klaten dan sekitarnya dari Solo menuju Klaten tepat di pertigaan teminal Penggung Klaten belok kiri ikuti jalan itu terus hingga naik tanjakan desa Sambeng diatas tanjakan itu adalah Kecamatan Semin sebelum kota Semin tepatnya di pertigaan Desa Pandanan belok kiri arah Desa Candirejo

Watu Payung merupakan pesona wisata baru di Kecamatan Semin khsusnya dan di Kabupaten Gunung Kidul umumnya, jika beminat mengunjungi tempat alami disini silahkan datang ke Semin sembari berpetualang ke bukit Watu Payung sekalian menikmati Telaga Biru yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Watu Payung dua lokasi wisata ini merupakan obyek wisata baru di Kecamatan Semin umumnya di Gunung Kidul yang mana Kawasan Semin selama ini tidak memiliki obyek wisata seperti daerah lain di Gunung Kidul.