Minggu, 19 Juni 2016

Petilasan Gunung Gambar

     Petilasan ini merupakan peninggalan islam tepatnya di Dusun Wonosadi Desa Jurang Jero Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunung Kidul berdasarkan data sejarah bahwa Gunung Gambar adalah tempat bertapa Raden Mas Said atau yang juga dikenal sebagai Pangeran Samber Nyowo yang kemudian mempunyai gelar KGPAA Mangkunegara I, selain pemandangannya yang indah tempat ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. 

     Dari puncak bukit Gunung Gambar kita bisa melihat pemandangan yang luas disebelah utara kita bisa melihat wilayah Kabupaten Klaten, dari puncak bukit ini juga Gunung Merapi kelihatan berdiri dengan megahnya sebagian wilayah Wonogiri juga terlihat dari sini bahkan waduk Gajah Mungkur Wonogiri terlihat jelas akses menuju ke puncak gunung ini cukup mudah dari kota Yogyakarta ke arah Wonosari sampai di pertigaan Sambipitu belok kiri ikuti jalan terus hingga tiba di Kecamatan Ngawen dari Ngawen ke kiri terus ikuti jalan sampai ada jalan menanjak sampai puncak itulah Gunung Gambar.

    Pada hari tertentu tempat ini digunakan untuk acara nyadran saat gelaran berlangsung ada banyak kegiatan yang meramaikan tempat ini sehingga dari kejauhan kelihatan terang saat malam berlangsungnya kegiatan tersebut. Gunung Gambar adalah sebuah batu diatas ketinggian yang apabila kita berada diatasnya bisa melihat pemandangan diwilayah yang lebih rendah walaupun ditempat yang jauh cocok untuk kegiatan pengintaian pada zaman perang.

    Ingin berkunjung kesini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang menuju kelokasi, angkutan yang tersedia hanya sampai pasar Ngawen itu saja sangat jarang sekali bisa dihitung dengan jari kecuali pas hari pasaran di Pasar Ngawen angkutan umum sama sekali tidak ada karena warga disekitar sini sudah banyak bahkan hampir 85 persen memiliki kendaraan pribadi berupa sepeda motor beberapa persen mobil. Jasa ojek banyak terdapat disini di pertigaan Pasar Ngawen bila ingin menggunakan jasa ojek bisa dari depan kantor Kecamatan Ngawen atau Pasar Ngawen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar